Apa yang kalian fikir kan jika mendengar kata anak jalanan ? atau pengamen dan lainnya...

Mungkin sebagian dari kalian ada yang kesal, benci, cuek karena pengamen itu datang ketika kita sedang pulang kuliah atau kerja ditambah macet bikin suasana makin panas. Asal kalian tau mereka yang hidup di jalanan anak-anak dibawah umur yang suka mencari uang untuk makan sehari-hari mereka juga manusia yang patut kita hargai layaknya manusia yang lain jangan pernah mengejek mereka apalagi membenci nya.

Banyak masyarakat yang selalu berfikir negatif tentang anak jalanan, mereka jika mempunyai uang yang cukup ngak akan pergi ke jalanan untuk meminta-minta, jika mereka banyak uang mereka juga ngak akan masuk bus metromini atau KWK (koperasi wahana kalpika) untuk menyanyi dihadapan anda demi mengharapkan uang receh, jika mereka mampu mereka tak akan merendahkan harga diri mereka sendiri dengan mengamen. Hanya karena mereka butuh makan anak-anak kecil yang seharusnya hidup bahagia bersama keluarga mereka harus merasakan keras nya hidup di jalanan belum lagi banyak orang-orang jahat yang mengambil uang hasil ngamen mereka.

Mungkin anda dan saya sama-sama belajar dari pengalaman ini, disetiap pagi tangga busway atau pinggiran jalan stasiun banyak anak jalanan yang tidur disana beralas koran atau kardus seadanya, merasakan angin malam yang dingin, bagaimana mereka anak jalanan yang masih kecil ? yang masih butuh perhatian kedua orang tua ? mereka di jalanan tidur pulas tanpa ada selimut dan bantal.

Berbanding jauh dengan kita yang tidak pernah bersyukur tidur diatas kasur, berselimut, bersama keluarga yang harmonis kita bisa merasakan kasih sayang sesungguh nya, lalu bagaimana dengan anak jalanan ? siapa yang sayang dengan mereka ? siapa yang peduli dengan mereka ? hanya cercaan yang tiap hari mereka hadapi, belum lagi ketika mereka mengamen menyanyikan sebuah lagu walau suara mereka tidak bagus tapi mereka berusaha untuk mendapat uang recehan tapi walupun mereka tidak mendapatkan uang itu dari anda, mereka tidak akan menangis di depan anda mereka akan terus mencari uang ke angkutan umum yang lain nya.

Bantuan tangan dari anda sangat mereka butuhkan, bukan hanya uang saja tetapi mereka perlu pendidikan moral  atau bimbingan khusus kurang nya kepedulian pemerintah tentang “anak jalanan” membuat mereka terus menerus mengamen di tengah jalan mungkin hidup mereka bisa saja terus menerus seperti itu tanpa ada perubahan.

 

Apakah ada sekolah untuk anaka jalanan ? ya ada itu hanya sebagian saja... Setiap jalan yang saya lalui seperti senen, jakarta kota, mangga dua dan tempat-tempat lain nya anak jalanan itu selalu ada dan saya merasa semakin hari semakin bertambah.

Mungkin mereka anak jalanan mengimpikan tinggal di rumah, ya itu hanya mimpi mereka...  impian yang entah kapan terwujud nya. Saya yakin mereka anak jalanan mempunyai impian dan keinginan suci yang kuat bahkan tidak satupun orang tau niat mereka apa, walaupun banyak orang selalu menilai segi negatif nya saya selalu yakin ada sisi positif dari mereka yang TIDAK PERNAH kita ketahui.

Siapa yang tau isi hati seorang anak jalanan ? waktu saya melintas di tangga  busway pada pagi hari ada anak jalanan tertidur pulas sendirian dengan pakaian yang kumuh dan tidur beralas koran... banyak yang melintas di tangga busway mondar mandir dan mereka memberi wajah cuek, tak peduli padahal mereka sama seperti kita.....manusia yang harus dihargai..... hanya sebagian orang yang peduli.....

hati saya teriris ketika melihat sekupulan anak kecil dijalanan sedang menyantap makanan dengan berebutan, betapa bersyukur nya anda ? bisa makan enak dan lezat, begizi bahkan makanan itu buatan mama tapi kadang anda tidak menghabiskan makanan itu padahal banyak anak jalanan yang kelaparan. Mereka tak ada hiburan apapun hanya di temani kendaraan yang melintas dihadapan mereka belum lagi siang bolong yang begitu panas mereka harus lewati itu semua.

Perjuangan yang begitu keras telah mereka lakukan, anak-anak kecil tak berdosa sudah bisa mencari uang sendiri untuk makan bagaimana dengan anda ? sudah dikasih makan dan diberi uang saku sama orang tua tapi tetap saja melawan orang tua benarkah ?

Ini adalah contoh yang bisa kalian lihat setiap hari, setiap waktu dan dimana pun kalian berada ini adalah nyata anak jalanan ibu kota jadi bersyukurlah karena kalian termasuk orang-orang yang beruntung, hargailah hidup dan hargailah mereka.

Pengurus

NO REKENING

Bank BNI 0267924687

An. Yayasan Nur Sahabat

Cabang Kramat

Who's Online

We have 296 guests and no members online