Mungkin masih banyak dari kita yang kebingungan untuk menginfakkan hartanya kepada siapa. Namun, Allah menjawab kebingungan kita itu di dalam Al-Qur’an surat Al-Baqarah (2) ayat 215. Yang menjelaskan bahwa ada 5 orang (kelompok) yang berhak menerima infak dari harta yang diamanahkan-Nya kepada kita, antara lain sebagai berikut:

  1. Orang Tua

Orang tua merupakan wasilah adanya kita di alam dunia, maka sudah sepatutnya kita memberikan infak terbaik kita untuk mereka. Meskipun begitu, segala harta yang kita infakkan untuk orang tua takkan pernah bisa membalas jasa-jasa mereka dalam kehidupan kita.

  1. Kerabat (Saudara)

Sebelum kita berinfak kepada orang lain yang jauh kaitan hubungan kekeluargaannya dengan kita, sebaiknya kita berinfak kepada kerabat (saudara) yang memang membutuhkan bantuan (kondisinya tengah kekurangan).

  1. Orang Miskin

Berinfak kepada orang miskin sudah jelas memang harus kita lakukan, karena kondisi ekonomi mereka yang kekurangan.

  1. Musafir (Orang yang Dalam Perjalanan)

Musafir (orang yang dalam perjalanan) biasanya tak selalu memiliki bekal yang dapat memenuhi segala kebutuhannya, maka memberi infak kepada mereka menjadi sebuah amal yang mulia. Terlebih jika musafir tersebut adalah orang yang tengah mencari ilmu agama-Nya, keberkahan berlipat ganda Allah berikan ketika kita memberikan infak kepada mereka (musafir para pencari ilmu).

  1. Anak Yatim

Memberikan infak kepada anak-anak yatim merupakan salah satu amalan yang dianjurkan oleh Allah dan Rasulullah. Bahkan Allah mengancam di dalam surat An-Nisaa (4) ayat 10 yang artinya, “Sesungguhnya, orang-orang yang memakan harta anak yatim secara dzalim, sebenarnya mereka itu menelan api dalam perutnya dan mereka akan masuk ke dalam api yang menyala-nyala (neraka).”

Maka, memberikan infak kepada mereka adalah satu cara menghindarkan kita dari azab api neraka.

Jika kita masih bingung memberikan infak kepada lembaga yang amanah dan dapat dipercaya, Amal Mulia hadir untuk memberikan solusi bagi kita semua untuk menginfakkan sebagian hartanya kepada yang berhak menerima infak. Salah satunya adalah berinfak untuk anak yatim yang menjadikan program pemberian donasi Amal Mulia.

Jadi, tak perlu lagi menitipkan infaknya kepada Amal Mulia, karena insya Allah kami amanah dengan titipan harta anda. (VelaBuruuji/harapanamalmulia).

Pengurus

NO REKENING

Bank BNI 0267924687

An. Yayasan Nur Sahabat

Cabang Kramat

Who's Online

We have 279 guests and no members online